GUGUR GUNUNG DAN GUNUNGAN WAYANG

Sebenarnya sulit bagi saya untuk menuliskan tentang majelis gugur gunung, karena terlalu luas dan mendalam keilmuan dan laku keilmuan nya. Dan apalagi saya sejak tahun akhir tahun 2015an hingga sekarang saya,  tidak jangkep/intens  berkumpul mengikuti acara majelisan gugur gunung, namun kerinduan itu menghantarkan nginguk-inguk tulisan atau sekadar gambar khasanah khas majelis gugur gunung.

 

Setidaknya perkenankan saya lewat tulisan ini menulis tentang majelis gugur gunung., nuwun sewu.

 

Gugur gunung itu unik, berisi orang orang yang pandai dalam bidangnya masing-masing, mereka punya wilayahnya masing-masing sehingga terumuskan 5 teori bermasyarakat maiyah gugur gunung; tidak merasa paling benar, merasa diri dalam kegelapan, menabung kerelaan, saling mencahayai, dan yang satu lupa, hehehe…..  karena menyadari adanya perbedaan maka tergali lah kesadaran titah manusia setidaknya ada 8 golongan manusia, yaitu janma/padepokan tani, prajurit, ujam dhudhukan, baruna, panyarikan, mitro, dan  pandita/kawi. Atau mungkin dalam jagat alitnya  disebut (cupu manik asto gino; dewaruci) yaitu kori muladhara, kori wilata, kori wilata, kori annahata, sabdo, ajna, sahasrara, dan kori attala dwipa. Mereka mempunyai tugas masing masing untuk keselarasan jagat alit sampai jagat gedhe.

Seiring dengan perjalanan waktu, gugur gunung menjadi gunungan tancap kolo atau waktu sebagaimana dalam gunungan wayang, belajar dari  gerbang yang dijaga dua penjaga, yang loro-lorone atunggal dualitas yang bersifat maskulin dan feminim, sebagaimana gunungan wayang, ada pintu, air prawitosari, pohon kala, namun yang menarik adalah pohon waktu ini bukan lagi berbentuk sosok hewan, melainkan simbolis cahaya –  cahaya sebagai simbolis sifat dan karakter hidup. Sungguh menarik, gunungan ini sesuai zamannya (ilmu sains berkembang). Zaman mitos  yang yang terlogikakan oleh ilmu energi, jaman yang sebenarnya manusia akan mengenal dirinya lewat keajaiban keajaban cipta, rasa, karsa, karyanya. Memahami pemikiran pemikiran, perasaan, pengalaman empiris dan perilaku keselarasan. Dan yang tak kalah menariknya lagi meminjam istilah pertumbuhan buah kelapa, kini blulok sudah menjadi kelapa (sempurna, bersari, berhakikat). Pintunya gunungan tidak hanya blulok/ satu, melainkan lima. Blulok, cengkir, degan, kendo, tuo).

 

Amri, kawimudho, mantri sholawat majlis gugurgunung, juru mitra.

Facebooktwittertumblr
Posted in Windhu Sakinah.