Posted in Pranatan.



Wewengkon Kadipaten






trianggulasi

Peta ini cara ini mempermudah pemetaan potensi dalam sebuah kawasan. Segitiga besar diibaratklan sebagai sebuah wewengkon Kadipaten yang mana di dalamnya terdapat segita lebih kecil sebagai Kademangan yang terdiri dari sekian Kalurahan. Di bawahnya ada segitiga lebih kecil sebagai wilayah padusunan.

Model ini untuk alat pindai atau sebagai alat telusur bahwa : Pada satuan wewengkon Segitiga Besar tersebut sudah lengkapkah Sistem Operasinya ? Hasta Janmanya? Apa yang paling dominan pada sebuah kalurahan? apa yang kurang? Daerah mana yang kuat pada pertanian, daerah mana yang dominan pada wilayah kreatifitas (Peralatan-peralatan), Daerah mana yang kuat pada wilayah literasi, dlsb.

Lingkaran di tengah merupakan jantung utama yang dihuni oleh Janma Kawi dalam sebuah Sosial. yang bermaksud menyampaikan bahwa titik tersebut juga terdapat hingga pada tingkat Padusunan. Sebab, hal utama dari pembangunan sosial haruslah mengacu pada spiritualitas yang dipandheganioleh seorang Kawi. Seorang Kawi tidak harus menempati jabatan struktural, namun ia tetap menjadi hukum utama yang dijalankan pemangku desa dan para warga.

TIM GUGURGUNUNG

Facebooktwittertumblr