MUKADIMAH: RE MIND ING

Facebooktwittertumblr

Majlisgugurgunung:: Reminding memiliki arti mengingat kembali. Pikiran dan akal merupakan ciri yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain. Namun apakah pikiran dan akal sendiri merupakan sebuah kesamaan?

Dzikir ataupun wirid yang hakikatnya ialah untuk senantiasa terus mengingatkan kembali. Wirid dalam arti lain merupakan terus melafalkan secara berulang-ulang, seperti halnya siklus dalam lelaku yang terus berulang. Oleh karena itu sangat diperlukan kehati-hatian untuk menjaga setiap langkah dengan senantiasa terus mengingat masa lalu, menimbang langkah saat ini yang dirangkai untuk membentuk masa depan. Hati-hati dalam berfikir karena fikiran akan jadi ucapan, ucapan akan menjadi perilaku dan perilaku akan menjadi sebuah peradaban.

Kurikulum di Majlis Gugur Gunung adalah Tancep Kayon di akhir tahun. Dimulai dengan awal tahun memulai lagi dengan berbagai tema dimana banyak kehadiran-kehadiran dalam perjalanan tersebut yang diangkat menjadi tema hingga menjadi kajian bersama. Kerap kali terjadi fenomena dimana usai ditadaburi kemudian merasuk ke dalam lelaku masing-masing personal. Walaupun tidak sedikit pula yang seiring dengan berjubelnya informasi dan kesibukan di tengah informasi tersebut justru kita menjadi lupa. Tema yang sudah menjadi ilmu, seakan lewat begitu saja, tanpa bisa nyawiji menjadi lelaku yang dikhawatirkan akan menjadi Ahmaq. Memahami teori namun lupa untuk melaksanakan.

Facebooktwittertumblr
Posted in Artikel, Jadwal, Mukadimah and tagged , , , , , , , , , , , .